Translate

Minggu, 18 Januari 2015

TITIK CAKRA

Selain mempunyai tubuh fisik, manusia juga mempunyai tubuh energi. Dan di tubuh energi ini ada perangkat-perangkat energi yang akan saya terangkan secara singkat di bawah ini. 
Cakra 
Cakra berasal dari bahasa sansekerta yang berarti roda, karena memang berbentuk seperti roda yang berputar ke kiri dan ke kanan. Secara umum fungsi cakra adalah sebagai pintu keluar masuknya energi non fisik. Sebenarnya cakra erat hubungannya dengan tubuh fisik terutama organ-organ tubuh fisik yg terkait. Seberapa lancar energi keluar masuk ke cakra juga akan mempengauruhi fungsi organ fisik yang terkait. Ukuran Cakra juga bermacam-macam. Cakra-cakra yg ukurannya besar dan penting disebut Cakra utama,dan manusia mempunyai 7 cakra utama yaitu: 
1. Cakra Dasar (pusat keduniawian) 
2. Cakra Sex (pusat kreatifitas rendah/perkembangbiakan) 
3. Cakra Pusar (pusat ego/ke-akuan/mementingkan diri sendiri) 
4. Cakra Jantung (pusat kasih sayang/welas asih) 
5. Cakra Tenggorokan (pusat komunikasi/hubungan dengan orang lain dan kreatifitas tinggi) 
6. Cakra Ajna (pusat hubungan dengan kesadaran yang lebih tinggi/jiwa) 
7. Cakra Mahkota (pusat spiritual/hubungan kepada Tuhan YME) 
Saluran energi non fisik atau nadi 
Seperti di tubuh fisik, di tubuh non fisik juga ada saluran-saluran energi yang fungsinya sebagai saluran untuk mengalirnya energi non fisik. Saluran non fisik ini bahasa sansekertanya adalah nadi. Ukuran Nadi juga bermacam-macam. Yang paling besar atau saluran energi utama namanya Sushumna (bahasa sansekerta), yang ukuran terbesar kedua namanya nadi Ida dan pingala. 
Kundalini 
Kundalini berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti gulungan (karena dalam keadaan tidur/tidak aktif berbentuk 3,5 gulungan energi). Dalam bahasa Tibet disebut Tummo yang artinya adalah api suci di dalam tubuh (karena setelah bangkit, energinya membersihkan kotoran dengan cara membakar/energi dalam bentuk api). Energi kundalini akan mempengaruhi kesehatan seseorang setelah bangkit. 
Lapisan-lapisan tubuh 
Manusia mempunyai 7 lapisan tubuh energi yang masing-masingnya terkait dengan Cakra-cakra utama. Adapun ketujuh lapisan tubuh tersebut adalah 
1. Tubuh pertama, sebenarnya ada 2 yaitu tubuh fisik dan tubuh eterik dobel tapi dianggap 1 tubuh (ada di dimensi ke-3 fisik dan non fisik) dengan pusat energi di 
Cakra Dasar. 
2. Tubuh kedua namanya adalah tubuh Emosi engan pusat energi di Cakra Sex. 
3. Tubuh ketiga namanya adalah tubuh Mental/Trauma engan pusat energi di Cakra Pusar. 
4. Tubuh keempat namanya adalah tubuh Intuisi engan pusat energi di Cakra Jantung. 
5. Tubuh kelima namanya adalah tubuh Atma engan pusat energi di Cakra Tenggorokan. 
6. Tubuh keenam namanya adalah tubuh Monad engan pusat energi di Cakra Ajna. 
7. Tubuh ketujuh namanya adalah tubuh Ilahi engan pusat energi di Cakra Mahkota. 
Hati non fisik dan kesadaran yang lebih tinggi 
Manusia juga mempunyai Hati non fisik/Kalbu (pusat perasaan halus), kesadaran tingkat menengah (jiwa), kesadaran tinggi/super (Ruh), dan sebenarnya ada kesadaran yang paling tinggu yaitu Hati Nurani. 

Tidak ada komentar: